Wednesday, November 20, 2019

4 Olahraga Yang Bagus Untuk Anak

Melakukan olah raga secara teratur dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak dan kolestrol. Beberapa penelitian menunjukan bahwa orang yang melakukan olah raga secara rutin mempunyai kader kolestrol yang relatif rendah.

Foto from Tribunjateng.com

Olahraga juga mnembuat anak mampu memaksimalkan kemampuan motorik, selain itu atihan olahraga bisa mengurangi stres pada anak. Aktivitas fisik yang di lakukan saat berolahraga membuat anak terjauhkan dari sindrom metabolisme seperti obesitas, hingga risiko terkena penyakit berbahaya seperti diabetes, enyakit jantung dan sebagainya ketika mereka beranjak dewasa.

Olah raga yang cocok untuk anak-anak

Jenis-jenis olahraga untuk anak tidak di arahkan untuk kekuatan fisik atau yangsecara khusus di tujukan untuk menghasilkan masa otot yang kuat seperti push-up, pull-up, angkat beban dan sebagainya. Olahraga yang cocok untuk anak adalah olarga yang ringan dan yang mereka sukai seperti bermain sepak bola, bermain Kasti, berenang atau bersepeda.


  1.  Olahraga Permainan


Olahraga yang paling sesuai untuk anak adalah yang di mulai dari permainan yang mereka sukai namun lebih banyak mengajak mereka untuk bergerak, seperti bermain sepak bola, petak umpet, lompat tali hingga bermain kasti.

Foto From Jawapos.com

Permainan tersebut membuat mereka bisa leluasa bergerak, berlari sekaligus bergembira dengan teman-temannya. Dengan melakukan gerakan seperti berjalan, melompat dan berlari anak akan berlatih menopang badannya, dan ini sangat baik untuk melatih keseimbangannya. Secara otomatis otot-ototpun akan ikut terbentuk dan tulang juga akan bertambah padat, selain itu aktivitas berlari berguna untuk perkembangan paru-paru dan jantung.

Sebagai orang tua kita hanya memfasilitasi dan mengawasi agar olaraga atau permainan yang di lakukan anak tetap menyehatkan, tidak berlebihan misalnya di lakukan hingga terlalu sore atau jangan sampai melupakan waktu makan dan waktu ibadah. Berikan pengertian bahwa tujuan utama berolahraga seperti sepak bola atau permainan lainnya bukan kalah atau menang tetapi yang lebih penting adalah bertambahnya tingkat keterampilan. Selain itu ketika mendampingi anak berolaraga, kita harus memperhatikan kemungkinan terjadinya dehidrasi pada anak. Karena tingkat dehidrasi pada anak itu lebih besar dari pada orang dewasa.

     2. Berenang

Berenang merupakan olah raga paling popouler dan bisa di lakukan oleh segala umur, mulai dari balita hingga lanjut usia. Berenang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, terutama untuk pertumbuhan fisik, kelompok otot-otot besar akan di gunakan seperti otot perut , otot lengan, paha dan pinggul. Selain itu berenang dapat memicu hormon-hormon pertumbuhan untuk berkembang.

Foto From Erabaru.net

Dengan berenang tubuh akan membakar sekurang-kurang nya 275 kalori perjam, setara dengan bersepeda dan jalan cepat. Agar memperoleh manfaat berenang ajaklah anak agar berenang dengan benar dan dengan intesitas yang cukup.

      3. Jogging

Ajaklah anak untuk jogging bersama, selain murah dan mudah dilakukan, joging juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak, karena dengan jogging semua otot lower body khususnya kaki ikut bergerak.

Foto From Blibli.com

Semakin lambat gerakan semakin meningkatkan stamina kita, tetapi usahakan agar kecepatannya konsisten. Untuk anak lakukanlah Jogging sejauh 1-2 km setiap kali latihan. Dengan begitu otot anak akan cukup bergerak dan kalori berlebih bisa terbakar dengan cepat.

      4. Bersepeda

Bersepeda merupadakan olhraga yang mengasikan kita bisa sekalian refreshing sambil melihat-lihat pemandangan sekitar, namun tetap ampuh membakar kalori. Ketika bersepeda pengaruhnya baik untuk jantung dan paru-paru. Sedangkan otot yang di latih dengan bersepeda adalah otot tungkai, lengan, perut dan punggung.

Foto From Prelo.co.id

Sebagai olahraga aerobik, bersepeda akan optimal bagi kebugaran tubuh jika di lakukan 3-5 kaliseminggu. Idealnya di lakukan 20 hingga 60 menit sehari, Misalnya 10 menit dipagi hari dan 10 menit lagi di sore hari.

SHARE THIS

Author:

0 komentar:

Follow by Email