Friday, November 22, 2019

5 Penyakit Akibat Polusi atau Pencemaran Lingkungan

Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya atau di masukkannya makhluk hidup, zat energi dan komponen ke dalam lingkungan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau dengan proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak berfungsi lagi sesuai peruntukannya. Jenis-jenis polusi ada empat macam yaitu :

  • Polusi Udara
  • Polusi Air
  • Polusi Suara
  • Polusi Tanah



Pencemaran polusi udara oleh asap pabrik



5 JENIS PENYAKIT AKIBAT POLUSI


1. Asma

Asma merupakan suatu penyakit penyumbatan saluran pernapasan yang di sebabkan alergi terhadap rambut, bulu, debu atau tekanan psikologis. Penyakit ini di sertai sesak napas bunyi 'ngik-ngik' dan batuk. Penyakit asma dapat timbul sewaktu waktu tetapi dapat hilang secara spontan atau di bantu dengan obat-obatan tertentu.

Inhaler (alat wajib untuk penderita Asma)

Hal ini terjadi karena menyempitnya saluran pernapasan. Sehingga menyebabkan penderita menjadi kesulitan untuk bernapas dan timbul bunyi 'ngik-ngik' ketika menghembuskan napas. Penyempitan ini biasanya di sebabkan oleh hiper sensitivitas bronkioulus terhadap benda-bednda asing di luar. Faktor-faktor pemicu asma di antaranya alergi, cuaca, polutan, stress, infeksi saluran napas dan rokok.

2. Difteri

Gejala difteri termasuk penakit saluran pernapasan bagian atas. Seseorang yang terinfeksi kuman difteri setelah 2-4 hari akan mengalami gejala-gejala infeksi saluran pernafasan bagian atas, diantaranya

  • Demam tinggi + 38 derajat celcius
  • Nyeri telan
  • Pusing
  • Tampak selaput berwarna putih keabu-abuan
  • Bengkak pada leher
Beberapa orang dapat mengalami sakit kepala, suara parau, nyeri menelan dan nyeri otot. Gejala ini di sebabkan oleh racun yang di hasilkan oleh kuman difteri. Jika tidak di obati, racun yang di hasilkan oleh kuman ini dapat menyebabkan reaksi peradangan pada jaringan saluran napas bagian atas sehingga sel-sel jaringan dapat mati.

Vaksin anti difteri

Sel-sel jaringan yang mati bersama dengan sel-sel radang membentuk suatu membran atau lapisan yang dapat menggau masuknya udara pernapasan. Membran atau lapisan ini berwarna abu-abu kecoklatan dan biasanya dapat terlihat.

Menjadi sulit bernapas jika lapisan terus terbentuk dan menutup saluran napas yang lebih bawah akan menyebabk penderita tidak dapat bernapas. Akibatnya sangat fatal karena dapat menimbulkan kematian jka tidak di tangani dengan segera. Racun yang sama juga dapat menimbulkan komplikasi pada jantung dan susunan saraf, biasanya terjadi setelah2-4 minggu terinfeksi dengan kurman difteri. Kematian juga sering terjadi karena jantung menjadi rusak.

Penyebab difteri adalah suatu infeksi akutpada saluran pernapasan yang di sebabkan corynebacterium diphteriae. Lebih sering menyerang anak-anak. Penularan biasanya terjadi melalui percikan ludah dari orang yang membawa kuman ke orang lain yang sehat. Selain itu penyakit ini bisa juga di tularkan melalui benda atau makanan yang terkontaminasi. Tetapi tak jarang racun juga menyerang kulit dan bahkan beberapa tahun yang lalu, difteri merupakan penyebab kematian pada anak-anak tetapi sekarang sudah jarang terjadi.

3. Tuberkulosis [TBC]

Tuberkulosis (TBC)

Tuberkulosis atau yang sering di kenal dengan TBC merupakan penyakit paru-paru yang di akibatkan serangan bakteri mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini menyebabkan reaksi jaringan yang aneh dalam paru-paru. Daerah yang terinfeksi akan di serang oleh makrofag, sehingga daerah tersebut akan rusak dan akan di kelilingi oleh jaringan fibrotik untuk membentuk tonjolan yang di sebut tuberkel. Tuberkel ini lama kelamaan akan menyebar ke seluruh bagian paru-paru. Keadaan ini dapat menyebabkan :


  • Peningkatan kerja sebagian otot pernapasan yang berfungsi untuk pertukaran udaran di paru-paru.
  • Mengurangi kapasitas vital dan kapasitas pernaoasan
  • Mengurangi luas permukaan membran-membran respirasi sehingga menimbulkan penurunan kapasitas difusi paru-paru.
3. Thypus

Thypus atau tipes adalah penyakit infeksi bakteri pada usus halus dan terkadang pada aliran darah yang di sebabkan oleh kuman Salmonella typhi atau Salmonella Paratuphi A,B dan C, selain ini dapat juga menyebabkan gastroenteritis (keracunan makanan) dan Spetikemia (tidak menyerang usus).

Orang terkena Thypus

Penyakit tipes tidak terlalu parah namun sangat dapat menggangu aktifitas kita. Yang sangat di butuhkan adalah istirahat total selama beberapa minggu bahkan bulan. Bagi orang yang sangat aktif, hal ini sangat menderita. Anda terasa tidak bisa apa-apa.

Tipes merupakan penyakit yang di tularkan melalui makanan dan minuman yang tercemar dengan kuman tipes. Seseorang yang sering menderita enyakit tipes menandakan bahwa ia sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri ini.

Ciri-ciri umum orang terkena tipes adalah awalnya merasa pusing seperti mau flu, demam di sertai nyeri, mual dan lemas, panas, perut terasa mual dan badan terasa tidak enak hingga mudah capek. Warna ari kencingnya kecoklatan sepert teh dan matanya pun menjadi kung. Tapi siklusnya cukup panjang sehingga dalam 1-2 hari banyak yang belum merasakannya. Setelah di tes baru terbukti terjadi peadangan saluran cerna..

Pada bayi, gejala ini yang serius termasuk fontanel cekung (soft spot) di atas kepala, kelesuan, tidak ada air mata ketika menangis dan diare. Untuk penganan kepada bayi atau anak yang masih dini perlu kewaspadaan sebab tingginya resiko kematian akibat kasus tipes.

4. Jerawat

Jerawat merupakan bakteri kotor yang melekat pada wajah berkembang biak dengan cepat sehingga menimbulkan infeksi pada wajah yang di timbulkan sehingga di sebut jerawat. Untuk orang memiliki wajah yang berminyak jerawat lebih cepat tumbuh sebab bakteri kotor lebih suka dengan kulit wajah ini.

Jerawat

Polusi udara dan debu juga mempengaruhi munculnya jerawat, maka biasakanlah untuk mencuci muka setelah beraktifitas di luar ruangan.

5. Influenza (Flu)

Influenza (FLU)

Influenza merupakan penyakit yang di sebabkan oleh infesi virus Influenza. Penyakit ini di tularkan dengan medium udara melalui bersin penderita. Pada manusia gejala yang umum adalah demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, hidung tersumbat dan mengeluarkan cairan,batuk, lesu serta tidak enak badan. Influenza kornis dapat menghalangi masuknya oksigen melalui trakea ke paru-paru

SHARE THIS

Author:

0 komentar:

Follow by Email