Tuesday, November 26, 2019

Bawang Putih dan Kegunaanya Sebagai Obat

Sebagian banyak orang memanfaatkan bawang putih sebagai bumbu bahan masakan. Selain meningkatkan aroma, bawang putih juga manambahkan cita rasa yang khas bagi masakan.
Namun manfaat bawang putih bukan sebagai peningkat aroma dan cita rasa saja, tetapi berguna untuk kesehatan.


Tentang Bawang Putih

Banyak orang tidak menyadari bahwa bawang putih (Allieum Sativum L.) yang sering di pakai dalam kehidupan sehari-hari ternyata mempunyai khasiat untuk pengobatan dan kesehatan. Bawang putih kaya akan nutrisi dan mempunyai daya penyembuh yang ampuh. Di jepang bawang ptih di gunakan untuk pengobatan kanker leher rahim.

Bawang putih dapat di masak dengan temperatur rendah atau di rendam dengan air matang. Tetapi bawang putih lebih baik di makan dalam keadaan masih segar, karena bila di masak dengan temperatur yang tinggi dapat merusak zat pembasmi bakteri. Karena bawang tersebut mengandung zat-zat unggul yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, hindarilah cara-cara pengolahan yang dapat merusak kadar gizi bawang putih.

Bagi orang-orang sehat yang sering menyerap makanan berlemak, cairan bawang putih dapat menghambat meningkatnanya kolesterol darah yang di dapatkan oleh makanan berlemak. Bawang putih juga dapat membantu menstimulasi sistem imun, kgususnya untuk radang pembuluh fetah bening dan dapat menghancurkan sel kanker agar terhindar dari penyakit kanker, sebaiknya makanlah bawang putih segar sebanyak 10 gram setiap hari,

Untuk anda yang bermasalah dengan lambung dan susah makan, sebaiknya sering-sering memakan bawang ini,  Karena akan merangsang lambung dan menyebabkan penambahan cairan lambung, gerak usus bertambah aktif dan membuat makanan lebih mudah di cerna. Bawang putih juga dapat di gunakan untuk melawan dingin pada tubuh, karena bawang putih dapat melebarkan pembuluh darah dan melancarkan peradaran darah, sehingga jantung menjadi mudah memompa darah keseluruh tubuh dan temperatur permukaan kulit tetap terjaga hangat.

Adapun kadar yang terkandung dalam bawang putih adalah alliin, enzim allinase, diallyl suphide, unsaturated aldehudes, allicin, disulphides, kalsium, copper, germanium organic, iron, phytoncides, potassium, phosphorous, selenium, sulfur, seng, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, kreatin, metionin.

Khasiat Bawang Putih dan Cara Memakainya

1. Menyembuhkan Disentri
    Rebus dua suing bawang putih dengan air secukupnya, minum sebelum makan sehari tiga kali selama dua sampai tiga hari.

2. Menghentikan Batuk Rejan dan Bronkhitis
    Kupas dan tumbuk bawang putih sebanyak 30 gram, lalu campur dengan gula pasir dan rendam dengan air matang selama 5-6 jam. Minum satu sendok makan penuh setiap hari selama beberapa hari.

3. Menyembuhkan Demam dan Influenza
    Sediakan bawang putih, bawang merah, jahe, dengan takaran masing-masing sama dan tergantung kondisi air mendidih dan tutup selama 15 menit. Setelah itu buang jahenya, sedangkan bawang merah dan bawang putih serta air nya bisa di konsumsi.

Sumber : sehat dengan tanaman obat Indonesia

SHARE THIS

Author:

0 komentar:

Follow by Email